Selasa, 10 April 2012

DAJJAL

Asal-Usul Keluarganya:
Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi. Dia bukan Jin atau apajua makhluk lain selain ia sebagai manusia yg ditangguhkan ajalnya “MinalMunzharin” seperti halnya Nabi Isa as (Yesus) yg di angkat oleh Allah swt ke atas langit dan ditangguhkan kematiannya sehingga beliau nantinya turun semula keatas muka bumi ini lalu beliau akan mati dan di kuburkan di Madinah AlMunawwarah. Sama juga halnya dgn Iblis yg di tangguhkan kematiannya sehingga hari kiamat nanti.
Dajjal; ayahnya seorang yg tinggi dan gemuk. Hidungnya seperti Paruh burung. Sedangkan Ibunya pula seorang perempuan gemuk dan banyak dagingnya. Menurut Imam Al Barzanji ada pendapat mengatakan bahawa asal keturunan bapanya ialah seorang Dukun Yahudi yg di kenali dgn “syaqq” manakala ibunya adalah dari bangsa Jin. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman as dan mempunyai hubungan dengan makhluk halus. Lalu oleh Nabi Sulaiman ia akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Walau bagaimanapun kelahiran dan kehidupan masa kecil tidak diketahui dgn jelas.
Sifat Badannya:
Hadis Huzaifah r.a katanya: Rasulullah s.a.w. telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta matanya sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya serta dia mempunyai Syurga dan Neraka. Nerakanya itu merupakan Syurga dan Syurganya pula ialah Neraka (Hadis Sahih Muslim)
Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yg disebutkan dalam Hadis Rasulullah saw, diantaranya:
Seorang yg kelihatannya masih muda; Berbadan Besar dan agak kemerah-merahan; Rambutnya kerinting dan tebal. Kelihatan dari belakang seolah-olah dahan kayu yg rimbun.
Dan tandanya yg paling ketara sekali ada dua: Pertama: Buta mata kirinya dan kelihatan seperti buah kismis yg kecut, manakala mata kanannya tertonjol keluar kehijau-hijauan berkelip-kelip laksana bintang. Jadi kedua-dua matanya adalah cacat. Kedua: Tertulis didahinya tulisan “Kafir (Kaf-Fa-Ra)”. Tulisan ini dapat dibaca oleh setiap org Islam, sama ada ia pandai membaca atau tidak. Mengikut hadis riwayat At-Thabrani, kedua-dua tanda ini menjelma dalam diri Dajjal setelah ia mengaku sebagai Tuhan. Adapun sebelum itu, kedua-dua tanda yg terakhir ini belum ada pada dirinya.
Tempat Tinggalnya Sekarang:
Menurut riwayat yg sahih yg disebutkan dlm kitab “Shahih Muslim”, bahwa Dajjal itu sudah wujud sejak beberapa lama. Ia dirantai di sebuah pulau dan ditunggu oleh seekor binatang yg bernama “Al-Jassasah”. Terdapat hadis mengenainya.. (tetapi terlalu panjang utk ditulis.. anda boleh membaca terus dari buku). Daripada Hadis ini jelaslah bagi kita bahwa Dajjal itu telah ada dan ia menunggu masa yg diizinkan oleh Allah swt untuk keluar menjelajah permukaan bumi ini dan tempat “transitnya” itu ialah disebelah Timur bukan di Barat.
Berapa lama ia akan hidup setelah kemunculannya:
Dajjal akan hidup setelah ia memulakan cabarannya kepada umat ini, selama empat puluh hari. Namun begitu, hari pertamanya adalah sama dgn setahun dan hari kedua sama dengan sebulan dan ketiga sama dengan satu minggu dan hari-hari selanjutnya sama seperti hari-hari biasa.
Kami bertanya: “Wahai Rasulullah! Berapa lamakah ia akan tinggal di muka bumi ini? Nabi saw, menjawab: Ia akan tinggal selama empat puluh hari. Hari yg pertama seperti setahun dan hari berikutnya seperti sebulan dan hari ketiga seperti seminggu. Kemudian hari yg masih tinggal lagi (iaitu 37hari) adalah sama seperti hari kamu yg biasa.Lalu kami bertanya lagi: Wahai Rasulullah saw! Di hari yg panjang seperti setahun itu, apakah cukup bagi kami hanya sembahyang sehari sahaja (iaitu 5 waktu sahaja). Nabi saw menjawab: Tidak cukup. Kamu mesti mengira hari itu dgn menentukan kadar yg bersesuaian bagi setiap sembahyang..”
Maksud Sabdaan Rasulullah saw, ini ialah supaya kita mengira jam yg berlalu pada hari itu. Bukan mengikut perjalanan matahari seperti biasanya kita lakukan. Misalnya sudah berlalu tujuh jam selepas sembahyang Subuh pada hari itu maka masuklah waktu sembahyang Zohor, maka hendaklah kita sembahyang Zohor, dan apabila ia telah berlalu selepas sembahyang Zohor itu tiga jam setengah misalnya, maka masuklah waktu Asar, maka wajib kita sembah yang Asar. Begitulah seterusnya waktu Sembahyang Maghrib, Isyak dan Subuh seterusnya hingga habis hari yg panjang itu sama panjangnya dgn masa satu tahun dan bilangan sembahyang pun pada sehari itu sebanyak bilangan sembahyang setahun yg kita lakukan. Begitu juga pada hari Kedua dan ketiga.
Fitnah Dajjal:
Dajjal telah diberi peluang oleh Allah swt utk menguji umat ini. Oleh kerana itu, Allah memberikan kepadanya beberapa kemampuan yg luar biasa. Di antara kemampuan Dajjal ialah:
1. Segala kesenangan hidup akan ada bersama dengannya. Benda-benda beku akan mematuhinya. Sebelum kedatangan Dajjal, dunia Islam akan diuji dahulu oleh Allah dgn kemarau panjang selama 3 tahun berturut-turut. Pada tahun pertama hujan akan kurang sepertiga dari biasa dan pada tahun kedua akan kurang 2/3 dari biasa dan tahun ketiga hujan tidak akan turun langsung. Umat akan dilanda kebuluran dan kekeringan. Di saat itu Dajjal akan muncul membawa ujian. Maka daerah mana yg percaya Dajjal itu Tuhan, ia akan berkata pada awan: Hujanlah kamu di daerah ini! Lalu hujan pun turunlah dan bumi menjadi subur. Begitu juga ekonomi, perdagangan akan menjadi makmur dan stabil pada org yg bersekutu dgn Dajjal. Manakala penduduk yg tidak mahu bersukutu dgn Dajjal..mereka akan tetap berada dlm kebuluran dan kesusahan.
Dan ada diriwayatkan penyokong Dajjal akan memiliki segunung roti (makanan) sedangkan org yg tidak percaya dengannya berada dalam kelaparan dan kebuluran.
Dalam hal ini, para sahabat Rasullullah s.a.w. bertanya:”Jadi apa yg dimakan oleh org Islam yg beriman pada hari itu wahaiRasulullah?” Nabi menjawab:”Mereka akan merasa kenyang dengan bertahlil, bertakbir, bertasbih dan bertaubat. Jadi zikir-zikir itu yang akan menggantikan makanan.” H.R IbnuMajah
2. Ada bersamanya seumpamanya Syurga dan Neraka:
Di antara ujian Dajjal ialah kelihatan bersama dengannya seumpama syurga dan neraka dan juga sungai air dan sungai api. Dajjal akan menggunakan kedua-duanya ini untuk menguji iman org Islam kerana hakikat yg benar adalah sebalik dari apa yg kelihatan. Apa yg dikatakan Syurga itu sebenarnya Nerakadan apa yg dikatakannya Neraka itu adalah Syurga.
3. Kepantasan perjalanan dan Negeri-Negeri yang tidak dapat dimasukinya:
Kepantasan yg dimaksudkan ini tidak ada pada kendaraan org dahulu. Kalau hari ini maka bolehlah kita mengatakan kepantasan itu seperti kepantasan jet-jet tempur yg digunakan oleh tentara udara atau lebih pantas lagi daripada kenderaan tersebut sehinggakan beribu-ribu kilometer dapat ditempuhdalam satu jam”… Kami bertanya: Wahai Rasulullah! Bagaimana kepantasan perjalanannya diatas muka bumi ini? Nabi menjawab:”Kepantasan perjalanannya adalah seperti kepantasan “Al Ghaist” (hujan atau awan) yang dipukul oleh angin yang kencang.” H.R Muslim
Namun demikian, Dajjal tetap tidak dapat memasuki dua Bandar suci umat Islamia itu Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah.
4. Bantuan Syaitan-Syaitan untuk memperkukuhkan kedudukannya:
Syaitan juga akan bertungkus-lumus membantu Dajjal. Bagi syaitan, inilah masa yg terbaik utk menyesatkan lebih ramai lagi anak cucu Adam a.s.

Rabu, 04 April 2012

APRIL MOP

Sebenarnya, April Mop adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop—yang hanya berlaku pada tanggal 1 April—adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orangtua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Terutama di kalangan anak muda. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.
Perayaan April Mop berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Sejak dibebaskan Islam pada abad ke-8 M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang makmur. Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh. Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Goth dan Navaro di daerah sebelah barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol.

Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah-laku berdasarkan Al-Qur’an. Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya.
Selama itu pula kaum kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok/ganja secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.
Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara salib mengetahui bahwa banyak muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah. Dengan lantang tentara salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka.

Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granada dan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju ke pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya. Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya.

Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam. Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya se-iman disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.
Jadi, perhatikan sekeliling Anda, anak Anda, atau Anda sendiri, mungkin terkena bungkus jahil April Mop tanpa kita sadari. (berbagai sumber)

Selasa, 03 April 2012

Identifikasi Ahlus Sunnah

Sebenarnya konsep Aswaja ini telah mapan di kalangan ulama dahulu yang semestinya saat ini tidak memerlukan perdebatan panjang mengenai siapa yang disebut kelompok Aswaja itu. Hanya saja umat Islam perlu memahami kembali akidah Aswaja  dalam konteks sekarang ini dengan tujuan untuk lebih memantapkan pemahaman kita terhadap akidah, pemikiran dan tantangannya. Hal ini penting, sebab bisa terjadi seseorang mengaku Sunni, tetapi di luar pengetahuannya ia sebenarnya bukan pengikut Sunni sejati.

Identitas sebagai kelompok Sunni terkadang diperebutkan, terkadang pula disempitkan konsepnya. Identitas ini diperebutkan, sebab kelompok ini yang disebut para ulama dahulu sebagai kelompok yang setia memegang ajaran Islam. Karena pandangan yang terlalu rigid dan sentimen kepada kelompok lain, sehingga konsep Aswaja kadang dipersempit untuk ‘jama’ah’-nya sendiri.
Dalam hadis tersebut dikatakan bahwa, golongan yang selamat (al-firqah al-najiyah) adalah golongan yang disebut oleh Nabi Muhammad SAW dengan sebutan al-jama’ah. Dalam riset para mutakallimun (teolog Islam) terdahulu menyimpulkan bahwa kelompok al-jama’ah ini-lah yang disebut Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Ciri, ideologi, dan ajaran-ajarannya sangat tepat disematkan kepada kelompok Aswaja ini, daripada kelompok-kelompok (firqah) lainnya.

Perbedaan di antara kaum muslimin itu sesuatu yang wajar, akan tetapi penyimpangan akidah itu yang tidak boleh dibiarkan. Sebab, semua ulama’ Ahlus Sunnah sepakat dalam perkara-perkara ushul,tapi berbeda dalam furu’. Mereka diperboleh berbeda dalam urusan fiqhiyyah tapi tidak bisa didiamkan jika berdebat dalam urusan ‘aqa’idiyyah (Mafhum Ahlus Sunnah, hal. 25). Oleh sebab itu, seorang Sunni tidak membesar-besarkan urusan furu’iyyah.  

Membesar-besarkan persoalan yang tidak prinsipil –agar umat Islam terpecah-pecah– adalah salah satu agenda orientalis, sebagaimana diakui sendiri oleh tokohnya Montgomery Watt (Jurnal Islamia no 3 Desember:2005 hal. 14). Jika umat Islam berselisih, akan mudah untuk ditaklukkan oleh Orientalis.

Berkenaan dengan klaim Ahlus Sunnah, kita harus mengkoreksi diri secara jujur dan ilmiah (merujuk pada ulama'-ulama' mujtahid yang diakui dan disepakati oleh ijma'). Apakah termasuk Ahlus Sunnah wal Jamaah atau bukan, apakah telah menjadi seorang Sunni yang baik atau fasiq.
Secara sederhana, parameter ke-Ahlus Sunnah wal Jamaah-an seseorang dapat dilihat dari komitmennya pada Al-Qur’an, Hadis, Ijma’ dan Qiyas. Keistiqamahan mengikuti parameter ini diwujudkan dengan menganut kepada salah satu Imam madzhab empat yaitu Imam Maliki, Hambali, Syafii dan Hanafi. Di luar itu, bukan termasuk pengikut Ahlus Sunnah wal Jamaah. Oleh karenanya patutlah kita memegang erat-erat akidah ini, lebih-lebih saat ini yang semakin banyak muncul aliran-aliran sempalan.

Sebagaimana yang telah disabdakan Nabi SAW, bahwa umat Islam kelak akan terpecah menjadi 73 golongan, kaum Yahudi terpecah menjadi 71 golongan dan Nasrani terpecah belah menjadi 72 golongan. Di antara 73 golongan tersebut hanya satu yang selamat yaitu golongan al-jamaah (HR. Turmudzi, abu Dawud, dan Ahmad). Hadis ini selain shahih juga mutawatir. Syaikh Abdul Qahir al-Baghdadi menyebut bahwa hadis iftiraq ini diriwayatkan oleh banyak perawi, seperti Anas bin Malik, Abu Huroiroh, Abu Darda’, Jabir, Abu Said al-Khudri, Ubay bin Ka’ab, Abdullah bin Umar bin Ash dan para Khulafa al-Rasyidun juga meriwayatkan hadis ini. Golongan al-Jama’ah inilah yang saat ini disebut Ahlus Sunnah wal Jama’ah.

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW menyatakan bahwa golongan yang selamat al-Firqah al-Najiyah adalah mereka yang mengikuti Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Kemudian Rasulullah SAW memberi petunjuk bahwa golongan yang selamat ini adalah golongan yang terbanyak (al-Sawad al-‘Adzam). Dan hingga sekarang Ahlus Sunnah wal Jamaah menjadi golongan terbanyak. Jumlah pengikut Sunni mendominasi semua negara-negara muslim di dunia, terkecuali Iran dan Irak yang mayoritas penduduknya penganut Syiah. 

Dalam suatu riwayat Rasulullah SAW menyebut akan datang golongan dari umatnya yang perbuatannya sangat bertentangan dengan ajarannya. Seikh Abdul Qahir Al-Baghdadi dalam Al-Farqu Bayna al-Firaq mengidentifikasi, bahwa umumnya golongan sesat di luar Ahlus Sunnah wal Jama'ah selalu mencaci sahabat. Misalnya, Qadariyah mencerca sahabat Ibnu Mas’ud dan mencaci fatwa Umar, Ali dan Usman disebabkan fatwa-fatwa dan hadis yang diriwayatkannya bertentangan degan akidah Qadariyah terutama dalam masalah takdir. 

Golongan Khawarij mengkafirkan Ali, kedua putranya (Hasan dan Husein), Ibnu Abbas, Abu Ayyub al-Ansari, Usman, ‘Aisyah, Talhah dan Zubeir. Bahkan Syi’ah mengkafirkan hampir semua sahabat kecuali Ali, Hasan, Husein, Salman al-Farisi, Migdad, dan Abu Dzar al-Ghifari. Sementara firqah lainnya seperti Jahmiyah, Najjariyah dan Bakariyah juga menentang pendapat beberapa sahabat.
Hal ini berbeda dengan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Para Ulama’nya sepakat bahwa semua sahabat adalah adil. Mereka selalu mengikuti jalan Rasulullah SAW. Dalam suatu hadis disebutkan salah satu ciri golongan yang selamat adalah konsisten mengikuti ajaran Rasulullah SAW dan sahabatnya. Di antara ciri-ciri yang lain al-firqah al-najiyah yang disebut al-Baghdadi di antaranya adalah:

1.  Mengakui dan mengimani sepenuhnya bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa 
     tidak ada sekutu bagi-Nya.
2.  Mengakui dan mengimani bahwa nabi Muhammad SAW sebagai Nabi-Nya. 
3.  Mengakui dan mengimani bahwa Al-Qur'an adalah firman Allah SWT dan bukan makhluk 
     seperti anggapan muktazilah, orientalis dan Islam Liberal.
4.  Mengakui dan mengimani bahwa Al-Qur'an yang benar adalah Mushaf Utsmaniy, yaitu 
     Al-Qur'an yang ada di tangan umat Islam ini, bukan Al-Qur'an Fathimah sebagaimana 
     diyakini Syi'ah dan bukan pula Tadzkirah (Al-Qur'an yang diyakini agama Ahmadiyah).
5.  Tidak menambah, mengurangi, merobah atau memalsukan Al-Qur'an atau membuat 
     Al-Qur'an sendiri.
6.  Menerima dan mengakui serta menjadikan hadis Nabi SAW, sebagai landasan hukum yang 
     kedua setelah Al-Qur'an dan tidak pula mengingkari.
7.  Mengimani dan mempercayai bahwa Rukun Islam yang benar ada lima dan menolak 
     segala bentuk Rukun Islam buatan manusia.
8.  Mengimani dan meyakini bahwa Rukun Iman yang benar ada enam dan 
     menolak segala bentuk Rukun Iman palsu.
9.  Mengimani dan meyakini bahwa ibadah Haji umat Islam adalah di Baitullah 
     (Ka'bah) Makkah al-Mukarramah. Dan menolak segala anggapan yang mengatakan 
     bahwa tempat Ibadah Haji selain di Makkah adalah di Qum (Teheran Iran), 
     di Lahore (India) dan tempat-tempat lainnya.
10. Mengimani dan meyakini bahwa Allah SWT mempunyai nama-nama dan sifat-sifat yang
     patut bagi kebesaran-Nya, dan menolak segala anggapan yang mengatakan bahwa Allah 
     SWT tidak mempunyai sifat dan nama-nama. Dan bahkan ada di antara mereka yang 
     mengharamkan membaca sifat-sifat Allah SWT.
11. Mengimani dan meyakini bahwa nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir penutup para 
     nabi dan rasul dan menolak semua nabi-nabi palsu.
12. Mencintai dan menghormati keluarga Nabi SAW (Ahlul Bait) secara wajar dan proposional.
13. Mencintai dan menghormati sahabat Nabi SAW termasuk kepada Khalifah yang empat 
     secara wajar, tidak berlebihan dan tidak membenci salah satu di antara mereka dan 
     mengkultuskan yang lainnya.
14.Mengimani dan mempercayai bahwa Rasulullah SAW, Isra' dan Mi'raj dengan jasad 
     dan ruh.
15. Mengimani dan meyakini adanya siksa dan nikmat kubur.
16. Mengimani dan meyakini adanya hari kebangkitan.
17. Mengimani dan meyakini adanya Shirat (sebuah jembatan atau titian  yang melintang di 
     atas neraka Jahannam). Dan menolak segala anggapan kaum orientalis, sekularis, Islam 
     Liberal yang mengatakan bahwa Shirat itu tidak ada.
18. Mengimani dan meyakini adanya Mizan (Timbangan amal manusia di akhirat kelak).
19. Mengimani dan meyakini ada dan telah adanya surga dan neraka, serta menolak 
     anggapan muktazilah yang mengatakan bahwa surga dan neraka tidak ada dan tidak 
     akan pernah ada.
20. Mengimani dan meyakini bahwa Allah SWT dapat dilihat oleh penduduk surga  di akhirat 
     kelak.
21. Mengimani dan meyakini bahwa umat Islam dari umat Nabi Muhammad SAW bila telah 
     meninggal dunia masih mendapat  manfaat  dari amal perbuatannya semasa hidup. 
     Sementara, orang yang masih hidup menghadiahkan pahala kepada yang telah meninggal 
     adalah masalah yang menjadi perdebatan Ahlus Sunnah.
22. Tidak membuat syari'at  atau ajaran agama sendiri dengan mengatasnamakan Islam, 
     dan menjadikan pemimpin alirannya sebagai nabi atau mempunyai otoritas kenabian 
     atau bahkan menganggapnya  mempunyai otoritas ketuhanan.
 




Secara garis besar, kelompok Aswaja dibagi menjadi tiga kelompok besar. Yaitu al-Atsariyyah, al-‘Asy’ariyyah dan al-Maturidiyyah. Imam al-Safarini mengatakan bahwa pemimpin kelompok Al-Atsariyyah ini adalah Imam Ahmad bin Hambal. Al-‘Asyariyah dipimpin oleh Imam Abu Hasan al-‘Asyari, dan al-Maturidiyyah imamnya adalah Abu Mansur al-Maturidi (Mafhum Ahlus Sunnah, hal. 39-40).

Sebagai al-firqah al-Najiyah, Ahlus Sunnah wal Jamaah tidak stagnan pada konsep-konsep teologis. Tapi, Ahlus Sunnah secara dinamis berjalan sebagai ajaran murni yang berkembang sesuai tantangan dan bidang-bidang furu’iyah. Hal inilah yang menyebabkan Ulama’ Ahlu Sunnah terbagi menjadi beberapa macam sesuai dengan bidang dan tantangan yang dihadapi. Mereka terbagi dalam beberapa bidang kajian, di antaranya adalah:

1.  Ulama yang menekuni bidang tauhid, nubuwah, hukum-hukum akhirat (ancaman, pahala 
     dan siksa). Mereka juga menekuni ilmu Kalam yang murni dari kesesatan.
2.  Para ahli fikih dan hadis, di antaranya Imam Maliki, Hambali, Syafi’i, Hanafi, Imam Auza’I 
     dan Imam Sofyan al-Tsauri.
3.  Ulama’ yang menekuni Ilmu sanad hadis dan menimbang antara hadis shahih dan tidak
     shahih.
4.  Ulama’ yang khusus menekuni bidang gramatika Bahasa Arab dan Sastra seperti 
     Imam Sibawaih, Khalil bin Ahmad, Abu Umar bin al-‘Ala, Imam Fara’ dan al-Akhfash.
5.  Ulama’ yang ahli ilmu baca al-Qur’an dan tafsirnya, seperti Ibnu Katsir, 
     Imam Qurtubi, Imam Hafs, Imam Ashim dan lain-lain.
6.  Para ahli tasawuf dan mendalami ilmu hati dan akhlak seperti al-Ghazali, 
     Imam Junaid, Abdul Qadir al-Jailani dan lain-lain.
7.  Para ulama’ yang konsern terhadap jihad membela kaum muslimin.



Mereka semua adalah berakidah Ahlus Sunnah. Hanya saja, bidang kajian mereka berbeda-beda. Para ulama’ tersebut di atas berbeda dalam hal masalah furu’iyah dan semuanya mempunyai pandangan satu dalam bidang ushul (akidah) sebab mereka beriltizam (komitmen) terhadap al-Qur’an, Hadis, Ijma dan Qiyas. Karena ini adalah prinsip yang terpelihara.
 
Berkenaan dengan itu, ke- Ahlus Sunnah wal Jamaah-an seseorang tidak selalu identik dengan keanggotaannya pada suatu kelompok, golongan dan organisasi tertentu. Memang banyak organisasi yang menyatakan  diri sebagai Ahlus Sunnah wal Jamaah. Tetapi, hal itu bukanlah berarti seseorang yang tidak masuk organisasi itu kemudian secara otomatis dan pasti diklaim sebagai bukan Ahlus Sunnah wal Jamaah. Sebaliknya tidak semua yang masuk ke dalam organisasi itu, otomatis menjadi seorang Ahlus Sunnah wal Jamaah yang seratus persen baik.

Senin, 02 April 2012

KITAB TAUHID DURUTS TSAMIN


Alhamdulillah, atas sekalian nikmat-Nya yang selalu tercurah bagi hamba yang jahil dan lemah ini yang diberi-Nya kesempatan untuk menyelesaikan penterjemahan kitab ini walaupun dengan keadaan hamba yang jahil, malas dan menyibukkan diri dengan perkara lain sehingga menjadikan proses menterjemahan ini memakan waktu yang lama. Sholawat dan salam atas penghulu kita Nabi Muhammad dan demikian pula untuk keluarga dan sahabatnya sekalian sebanyak huruf yang tertulis dan tinta yang terpakai.
Amma ba'du, (adapun kemudian dari itu) inilah kitab yang membahas tentang permasalahan 'aqidah yang begitu melekat di hati hamba, sehingga sudah lama sekali keinginan untuk memterjemahkannya tergerak di hati hamba, tetapi karena kekurangan ilmu dan pemahaman sehingga lama hamba menahan diri. Adapun disini hamba beranikan karena mengharapkan taufiq dari Allah dan memohon pada-Nya dengan kemegahan Nabi Muhammad j dan dengan adanya bantuan yang sangat besar dari guru-guru hamba terutama Almarhum Mu'allim Muhammad Alamsyah Nasution Tembung (Al-fatihah). Berharap hamba kiranya terjemahan ini bermanfaat untuk kaum Muslimin yang ingin memahami 'aqidah Ahlus-sunnah yang sebenarnya dengan bahasa Indonesia karena banyak kitab Ahlus-sunnah dalam bahasa Arab dan Melayu yang sulit dipahami oleh yang tidak memahami bahasanya, sementara di Negeri ini sekarang banyak sekali buku-buku dengan paham Mujassimah dan juga Syi'ah yang karena mereka memiliki sumber dana dan penerbit sendiri menjadikan buku-buku mereka merajai toko-toko buku. Perkara ini sungguh sangat merisaukan hamba sehingga ini juga sebab mengapa hamba beranikan diri dengan segala kebodohan dan kekurangan ilmu hamba.
Pada pengantar ini sedikit akan hamba jelaskan tentang Ahlussunnah wal Jama'ah (ASWAJA) yang sebenarnya karena banyaknya orang yang mengaku dengan Ahlussunnah wal Jama'ah sehingga mengelirukan orang awam. Istilah Ahlu Sunnah wal Jama'ah” diambil dari kata Ahlu” yang berarti keluarga atau famili. Sedangkan Sunnah” artinya jalan, tabi'at atau peri-kehidupan. Jama'ah” artinya sekumpulan. Kemudian istilah Ahlu Sunnah” lebih populer disebut dengan penganut Sunnah Nabi Muhammad j dan istilah Jama'ah” artinya penganut keyakinan sahabat-sahabat Nabi j. Jadi yang dimaksud dengan kaum Ahlu Sunnah wal Jama'ah adalah kaum yang meng-anut i'tiqad/keyakinan sebagaimana i'tiqod Nabi Muhammad j dan para sahabatnya. I'tiqod Nabi dan sahabat-sahabatnya tersebut telah termaktub dalam Al-Qur'an dan Sunnah Rasul secara terpencar-pencar, belum tersusun rapi dan teratur, kemudian dikumpulkan dan dirumuskan dengan rapi oleh seorang ulama besar Syeikh Abu Hasan al-Asy'ari (Bashroh 260-324 H). Hasil rumusan beliau itu terwujud berupa kitab Tauhid yang dijadikan pedoman oleh kaum Ahlu Sunnah wal Jama'ah. Karena itu pulalah kaum Ahlu Sunnah wal Jama'ah disebut juga dengan kaum Asy'ariyyin atau kaum Asy'ariyah, dihubungkan kepada Imam Abu Hasan al-Asy'ari.
Pelopor Ahlussunnah yang lain adalah Abu Manshur al-Maturidy. Hal ini disebutkan oleh Al-'Allamah az-Zabidy didalam sebuah kitabnya ittihaf Sadat al-muttaqin, merupakan syarah dari kitab Ihya 'Ulumiddin Imam al-Ghadzali :
اِذَا أُطْلِقَ أَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ فَالْمُرَادُ بِهِمُ الْأَشَاعِرَةُ وَالْمَاتُرِدِيَّةُ
Artinya : Apabila disebutkan kata Ahlu Sunnah wal Jama'ah, maka maksudnya ialah orang-orang yang mengikuti rumusan (paham) Imam Asy'ari dan Al-Maturidy”.
Karenanya sebagai kunci bahwa yang dikatakan oleh Ahlu Sunnah wal Jama'ah itu ialah golongan Islam yang dalam bidang tauhidnya mengikuti ajaran Imam Asy'ari dan Imam Maturidy, sedang-kan dalam bidang fiqih mengikuti ajaran salah satu dari Mazhab yang empat.
Banyak sekali bukti-bukti tekstual, baik dari al-Qur’an maupun dari hadits, memberikan isyarat akan kebenaran akidah Asy’ariyyah sebagai akidah Ahlussunnah Wal Jama’ah. Oleh karena sangat banyak, maka saya tidak hendak mengutip semuanya, namun paling tidak beberapa yang akan kita sebutkan di bawah ini adalah sebagai kabar gembira bagi orang-orang yang memegang teguh akidah Asy’ariyyah bahwa mereka berada di dalam kebenaran.
Dalam al-Qur’an Allah berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ (المائدة: 54(
Artinya : “Wahai sekalian orang beriman barang siapa di antara kalian murtad dari agamanya, maka Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Dia cintai dan kaum tersebut mencintai Allah, mereka adalah orang-orang yang lemah lembut kepada sesama orang mukmin dan sangat kuat (ditakuti) oleh orang-orang kafir. Mereka kaum yang berjihad dijalan Allah, dan mereka tidak takut terhadap cacian orang yang mencaci-maki”. QS. al-Ma’idah: 54
Dalam sebuah hadits Shahih diriwayatkan bahwa ketika turun ayat ini, Rasulullah j memberi-tahukan sambil menepuk pundak sahabat Abu Musa al-Asy’ari, seraya bersabda: “Mereka (kaum tersebut) adalah kaum orang ini!”.
Dari hadits ini para ulama menyimpulkan bahwa kaum yang dipuji Allah dalam ayat di atas tidak lain adalah kaum Asy’ariyyah. Karena sahabat Abu Musa al-Asy’ari adalah moyang dari al-Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari.
Dalam penafsiran firman Allah di atas: (Maka Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Dia cintai dan kaum tersebut mencintai Allah) QS. Al-Ma’idah: 54, al-Imam Mujahid, murid sahabat ‘Abdullah ibn ‘Abbas, berkata: “Mereka adalah kaum dari negeri Saba’ (Yaman)”. Kemudian al-Hafizh Ibn ‘Asakir dalam Tabyin Kadzib al-Muftari menambahkan: “Dan orang-orang Asy’ariyyah adalah kaum berasal dari negeri Saba’” (Tabyin Kadzib al-Muftari Fi Ma Nusiba Ila al-Imam Abi al-Hasan al-Asy’ari, h. 51).
Penafsiran ayat di atas bahwa kaum yang dicintai Allah dan mencintai Allah tersebut adalah kaum Asy’ariyyah, telah dinyatakan pula oleh para ulama terkemuka dari para ahli hadits lainnya, selain al-Hafizh Ibn ‘Asakir. Namun, lebih dari cukup bagi kita bahwa hal itu telah dinyatakan oleh al-Imam al-Hafizh Ibn ‘Asakir dalam kitab Tabyin Kadzib al-Muftari. Beliau adalah seorang ahli hadits terkemuka (Afdlal al-Muhaditsin) di seluruh daratan Syam (sekarang Siria, Palestina, Lebanon, Yordania) pada masanya.
Al-Imam Tajuddin as-Subki dalam Thabaqat asy-Syafi’iyyah menuliskan:
“Ibn ‘Asakir adalah termasuk orang-orang pilihan dari umat ini, baik dalam ilmunya, agamanya, maupun dalam hafalannya. Setelah al-Imam ad-Daraquthni tidak ada lagi orang yang sangat kuat dalam hafalan selain Ibn ‘Asakir. Semua orang sepakat akan hal ini, baik mereka yang sejalan dengan Ibn ‘Asakir sendiri, atau mereka yang memusuhinya” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah, juz. 3, h. 364).
Lebih dari pada itu, al-Hafizh Ibn ‘Asakir sendiri dalam kitab Tabyin tersebut telah mengutip pernyataan para ulama hadits terkemuka (huffazh al-hadits) sebelumnya yang telah menafsirkan ayat tersebut demikian. Di antaranya adalah seorang ahli hadits terkemuka yang merupakan pimpinan mereka; al-Imam al-Hafizh Abu Bakar al-Baihaqi, penulis kitab Sunan al-Baihaqi.
Al-Hafizh Ibn ‘Asakir dalam Tabyin Kadzib al-Muftari menuliskan pernyataan al-Imam al-Baihaqi dengan sanadnya dari Yahya ibn Fadlillah al-‘Umari, dari Makky ibn ‘Allan, berkata: Telah mengabarkan kepada kami al-Hafizh Abu al-Qasim ad-Damasyqi, berkata: Telah mengabarkan kepada kami Syaikh Abu ‘Abdillah Muhammad ibn al-Fadl al-Furawy, berkata: Telah mengabarkan kepada kami al-Hafizh Abu Bakar Ahmad ibn al-Husain ibn ‘Ali al-Baihaqi, berkata:
“Sesungguhnya sebagian para Imam kaum Asy’ariyyah رضي الله عنهم memberikan pelajaran kepada kami tentang sebuah hadits yang diriwayatkan dari ‘Iyadl al-Asy’ari, bahwa ketika turun firman Allah: (Fa Saufa Ya’tillahu Bi Qaumin Yuhibbuhum Wa Yuhibbunahu…) QS. Al-Ma’idah: 54, Rasulullah j berisyarat kepada sahabat Abu Musa al-Asy’ari, seraya berkata: “Mereka adalah kaum orang ini”. Bahwa dalam hadits ini terdapat isyarat akan keutamaan, keagungan dan derajat kemuliaan bagi al-Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari. Karena tidak lain beliau adalah berasal dari kaum dan keturunan sahabat Abu Musa al-Asy’ari. Mereka adalah kaum yang diberi karunia ilmu dan pemahaman yang benar. Lebih khusus lagi mereka adalah kaum yang memiliki kekuatan dalam membela sunnah-sunnah Rasulullah dan memerangi berbagai macam bid’ah. Mereka memiliki dalil-dalil yang kuat dalam memerangi bebagai kebatilan dan kesesatan. Dengan demikian, pujian dalam ayat di atas terhadap kaum Asy’ariyyah bahwa mereka kaum yang dicintai Allah dan mencintai Allah, adalah karena telah terbukti bahwa akidah yang mereka yakini sebagai akidah yang hak, dan bahwa ajaran agama yang mereka bawa sebagai ajaran yang benar, serta terbukti bahwa mereka adalah kaum yang memiliki kayakinan yang sangat kuat. Maka siapapun yang di dalam akidah mengikuti ajaran-ajaran mereka, artinya dalam konsep keyakinan meniadakan keserupaan bagi Allah dengan segala makhluk-Nya, dan dalam metode memegang teguh al-Qur’an dan Sunnah, sesuai dan sejalan dengan faham-faham Asy’ariyyah maka ia berarti termasuk dari golongan mereka” (Tabyin Kadzib al-Mufari, h. 49-50. Tulisan al-Hafizh Ibn ‘Asakir ini dikutip pula oleh Tajuddin as-Subki dalam Thabaqat asy-Syafi’iyyah, j. 3, h. 362-363).
Al-Imam Tajuddin as-Subki dalam Thabaqat asy-Syafi’iyyah al-Kubra mengomentari pernyataan al-Imam al-Baihaqi di atas, beliau berkata sebagai berikut:
“Kita katakan; -tanpa kita memastikan bahwa ini maksud Rasulullah-, bahwa ketika Rasulullah j memukul punggung sahabat Abu Musa al-Asy’ari, sebagaimana dalam hadits di atas, seakan beliau sudah mengisyaratkan adanya kabar gembira bahwa kelak akan lahir dari keturunannya yang ke sembilan yaitu al-Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari. Sesungguhnya Rasulullah itu dalam setiap ucapannya terdapat berbagai isyarat yang tidak dapat dipahami kecuali oleh orang-orang yang mendapat karunia petunjuk Allah. Dan mereka itu adalah orang yang kuat dalam ilmu (ar-Rasikhun Fi al-‘Ilm) dan memiliki mata hati yang cerah. Firman Allah: (Seorang yang oleh Allah tidak dijadikan petunjuk baginya, maka sama sekali ia tidak akan mendapatkan petunjuk) QS. An-Nur: 40” (Thabaqat asy-Syafi’iyyah, j. 3, h. 363).
Al Hamdulillah, Allah telah mengarunikan iman dan tauhid yang suci ini kepada kita dengan mengenal Aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah di atas jalan al-Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari.Jadi dapat dipahami bahwa pencipta aqidah Ahlu Sunnah wal Jama'ah itu bukanlah Imam Asy'ari dan Al-Maturidy tetapi itulah keyakinan Rasululloh j dan para sahabat. Imam Asy'ari hanyalah sebagai Muzhir (yang menyatakan/menzhohirkan) ketika aqidah Rasululloh j yang sebenarnya itu telah dikotori dan dicampuri oleh unsur-unsur diluar Islam.
Semoga kiranya terjemahan ini bermanfaat bagi hamba dan kaum Muslimin dan menjadi simpanan bagi hamba dalam menghadap Allah ta'ala.

DOWNLOAD KITAB
Kitab Tauhid Arab Melayu Terjemahan Duruts Tsamin.pdf - 939.0 KB

AQIDAH MUKMIN (3) SIFAT - SIFAT RASUL

Sifat-Sifat Rasul



Firman Allah ta’ala :

وَمَآ أَرْسَلْنَا قَبْلَكَ إِلاَّ رِجَالاً نُّوْحِى إِلَيْهِمْ
Artinya :
“Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka”.(Al-Anbiya’ 21:7)
Karena itulah dikatakan rasul adalah :

رَجُلٌ اُوْحِيَ اِلَيْهِ بشَرْعٍ وَاُمِرَ بتَبْلِيْغِهِ لِلْخَلْقِ

 Artinya :
"Laki-laki yang diberi wahyu dengan hukum syara' dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu itu pada makhluk".

Bila tidak diperintahkan untuk menyampaikan pada makhluk maka disebut Nabi. Jadi setiap Rasul adalah Nabi tetapi tidak setiap Nabi diangkat sebagai Rasul.

Adapun yang wajib pada sekalian Rasul alaihimush sholatu wasalam yang mana setiap mukallaf wajib dalam hukum syara' mengetahuinya dengan sekalian dalilnya yaitu empat sifat dan yang mustahilpun empat juga yang merupakan lawan dari sifat yang wajib dan satu sifat yang harus. Adapun empat sifat yang wajib yaitu :

1).   Shiddiq ( صِدْقٌ ) artinya benar mustahil kadzib artinya dusta.

Arti shiddiq atau benar adalah :

مُطَابَقَةُ خَبرِهِمْ لِلْوَاقِعِ وَلَوْبحَسْبِ اِعْتِقَادِهِمْ

 Artinya :
"Berita yang dibawa para Rasul sesuai dengan kenyataan walau dari segi i'tiqad saja".

Jadi semua perkataan para Rasul benar dan tidak ada yang dusta. Adapun dalil atas benarnya mereka adalah :

لَوْ كَذَبُوْا لَكَانَ خَبرُ اللّهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالى كَاذِبًا وَهُوَ محـَالٌ

Artinya : 
"Seandainya mereka berdusta maka khabar dari Allah SWT dusta pula dan itu mustahil".

Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan pada mereka mukjizat yang mana hal itu sebagai bukti kebenaran dari setiap apa yang mereka sampaikan. Mukjizat itu dapat diserupakan atau disama-kan dengan pernyataan dari Allah dimana seakan-akan Allah SWT berfirman :

صَدَقَ عَبْدِى في كُلِّ مَا يُبَلِّغُ عَنِّي

Artinya : 
"Benar hamba-Ku bahwa setiap apa yang disampaikan-nya itu dari-Ku". 

2). Amanah ( أَمَانَةٌ ) artinya terpercaya mustahil khianat.
Amanah maksudnya terpelihara lahir dan batin dari perbuatan yang dilarang Allah Ta'ala walaupun perkara yang makruh ataupun khilaful aula (menyalahi yang utama) yang didorong oleh hawa nafsunya. Dengan kata lain seluruh Rasul adalah makshum (dijaga Allah Ta'ala) dari perbuatan yang dilarang Allah Ta'ala.
 Adapun apa yang terlihat dari perbuatan Rasul yang nampaknya menyalahi perintah seperti Nabi Adam AS yang memakan buah yang dilarang Allah Ta'ala atau Nabi Muhammad SAW berwudhu' sekali-sekali padahal yang utamanya tiga kali-tiga kali atau pernah Nabi SAW minum sambil berdiri atau sembahyang dengan lupa rakaat, maka semua itu bukan didorong oleh hawa nafsunya bahkan bagi mereka itu merupakan ibadah.
Sabda Nabi SAW :
اِنِّيْ لاَاَنْسِىْ وَلَكِنْ اُنْسَى

Artinya : “Sesungguhnya aku tidak lupa tetapi dilupakan”.
Hal itu semua adalah untuk menzhohirkan hukum Syara', bukan sebagai pengingkaran atau karena ingin menyalahi yang utama. Adapun dalil sifat amanah pada para Rasul adalah :
اَنَّهُمْ لَوْخَانُوْابفِعْلِ محـَرَّمٍ اَوْمَكْرُوْهٍ لَكُـنَّا مَأْ مُوْرِيْنَ بمِثْلِ ذلِكَ وَلاَيَصِحُّ اَنْ نُؤْمَرَ بمـُحَرَّمٍ اَوْمَكْرُوْهٍ

Artinya : 
“Seandainya mereka khianat dengan mengerjakan perkara yang haram atau yang makruh tentu kitapun diperintahkan untuk mengerjakan seperti itu sedangkan kita tidak diperintahkan mengerjakan perkara yang haram dan yang makruh”.

3). Tabligh ( تَبْلِيْغٌ ) artinya menyampaikan mustahil kitman artinya menyembunyikan.

Tabligh dimaksud yaitu menyampaikan apa yang diperintahkan Allah Ta'ala dari wahyu yang telah diturunkan pada mereka walau-pun apa yang mereka sampaikan itu berlawanan dengan yang diinginkan oleh orang-orang kafir. Kemudian apa yang disuruh mereka sampaikan maka itupun merupakan kewajiban kita seba-gai umatnya untuk menyampaikannya pula. Dalam kaidah ushul disebutkan :
مَا اُمِرَ لِنَبـيّه اُمِرَ لاُمَّتِه

Artinya : 
“Setiap perkara yang diperintahkan pada Nabinya, diperintahkan pula pada umatnya".
Adapun dalil sifat ini bagi mereka adalah :
اَنَّهُمْ لَوْكَتَمُوْا شَيْئًا ِممـَّا اُمِرُوْا بِتَبْلِيْغِهِ لَكُـنَّا مَأْمُوْرِيْنَ بِكِتْمَانِ الْعِلْمِ وَلاَيَصِحُّ اَنْ نُؤْمَرَبه لاَنَّ كَاتمَ الْعِلْمِ مَلْعُوْنٌ

Artinya : 
“Bahwasanya jika mereka menyembunyikan perkara yang diperintahkan pada mereka untuk menyampaikannya maka diperintahkan pula pada kita untuk menyem-bunyikan ilmu sedangkan perkara itu tidak sah tidak seperti itu karena bahwasanya orang yang menyembunyikan ilmu itu dilaknat”.
Firman Allah Ta'ala Tentang Bani Isro'il :
إِنَّ الَّذِيْنَ يَكْتُمُوْنَ مَآ أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ في الْكِتَابِ اُولئِكَ يَلْعَنُهُمُ الله وَيَلْعَنُهُمُ اللاَّعِنُوْنَ

Artinya : 
“Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila`nati Allah dan dila`nati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat mela`nati”. 

4).  Fathonah ( فَطَانَةٌ ) artinya sempurna pemahaman (cerdik/cerdas) mustahil baladah artinya dungu.
Seorang Rasul diutus pada suatu kaum yang mana dia harus menyampaikan apa yang diperintahkan padanya. Untuk menyampaikan risalah itu dibutuhkan kecerdasan karena jika tidak akan sangat mudah dibantah apa yang mereka sampaikan. Sesuatu yang baik tetapi karena metode penyampaian yang salah dapat berakibat apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Jadi untuk menyampaikan risalah dibutuhkan Rasul yang mempunyai pemahaman yang sempurna. Karena itulah setiap Rasul selalu diutus ditengah-tengah kaumnya sendiri dengan bahasa yang mereka mengerti dengan sempurna sehingga tidak akan terjadi kesalah-pahaman.
Adapun dalil ini disebutkan Syeikh Bajuri :
اَنَّهُ لَوِانْتَفَتْ عَنْهُمُ الْفَطَانَةُ لَمَاقَدَرُوْااَنْ يُقِـيْمُواالحُجَّةَ عَلَى الخـَصْمِ وَهُوَمحـَالٌ لأَنَّ الْقُرْانَ دَ لَّ في مَوَاضِعَ كَثِـيرَ ةٍ عَلَى اِقَامَتِهِمُ الحُجَّةَ عَلَى الخـَصْمِ

Artinya : 
“Seandainya Rasul itu tidak fathonah maka mereka tidak akan mampu menegakkan hujah atau alasan untuk mengalahkan musuhnya. Rasul yang tidak mampu mene-gakkan hujah itu mustahil karena telah dijelaskan dalam Al-Qur'an tentang kemampuan mereka menegakkan hujah terhadap musuhnya”.
Apabila dikatakan kalau mereka fathonah mengapa masih banyak umat dahulu yang ditimpakan Azab oleh Allah Ta'ala yang menun-jukkan mereka tetap mendustakan para Rasul ? Katakan olehmu yang demikian itu karena kedegilan hati mereka yang suka mengikuti hawa nafsunya padahal sudah nyata bukti kebenaran para Rasul, bukan karena metode mereka yang tidak cocok. Hal ini dapat dimisalkan dengan diri kita sendiri yang terkadang sulit menerima kebenaran yang datang dari orang lain karena tidak sesuai dengan apa yang kita yakini walaupun bukti-bukti kebenarannya sudah kita pahami. Firman Allah ta’ala :
وَجَحَدُواْ بِهَا وَاسْتَيْقَنَتْهَا أَنْفُسُهُمْ ظُلْمًا وَعُلُوًّا فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُفْسِدِيْنَ
Artinya : 
 “Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini (kebenaran)nya”. Maka perhatikanlah betapa kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan.(An-Naml 27:14)
Adapun yang harus pada sekalian rasul adalah satu perkara yaitu اَلأَعْرَاضُ الْبَشَرِيَةٌ artinya sifat tubuh manusia yang tidak mengurangi martabatnya yang mulia seperti sakit, makan, minum, tidur dan jaga. Para Rasul adalah utusan Allah yang menyampaikan risalah pada manusia maka mereka juga dibangkitkan dari kalangan manusia supaya dapat diteladani oleh manusia. Sebagai manusia maka mereka juga mengalami apa yang dialami manusia biasa dimana mereka juga bisa sakit sepanjang sakit itu tidak menurunkan derajat kenabian mereka. Bahkan sakit mereka menjadi ibadah yang menaikkan derajat mereka karena mereka menjadi contoh umatnya supaya bersabar sebagaimana diceritakan bahwa Nabi SAW pernah sakit demam panas. Nabi SAW juga makan dan minum yang mana keduanya menjadi contoh bagi umatnya bagaimana makan sesuai dengan yang diperintahkan Allah Ta'ala. Mereka juga beristri dimana rumah-tangga mereka menjadi tauladan umatnya. Mereka juga tidur yang mana tidur mereka menjadi tauladan umatnya. 


Mustahil pada mereka a’radh basyariah yang menjadi kelemahan yang dapat menurunkan derajat kenabian ataupun menghalangi sampainya risalah seperti sakit gila, buta, lepra, lupa dan lain-lain. Demikianlah setiap apa yang didengar tentang para Rasul dimana hal itu dapat menurunkan derajat mereka maka harus kita takwil bahwa dibalik itu semua ada hikmah yang sangat besar.
Adapun khabar tentang butanya Nabi Syuaib AS maka dikatakan bahwa hal itu terjadi setelah tugasnya selesai sehingga tidak menghalanginya dari berdakwah yang diperintahkan. Demikian pula khabar tentang sakitnya Nabi Ayyub AS maka perkara itu dibesar-besarkan oleh ahli tarikh (sejarah) sehingga dikatakan bahwa tubuhnya berulat. Dalam perkara ini kita harus membaikkan adab bahwa penyakitnya itu hanya penyakit kulit yang diturunkan Allah Ta'ala untuk menguji kesabarannya setelah selesai masa kerasulannya karena dialaminya dimasa tuanya. Demikian juga seperti Nabi Adam AS yang memakan buah khuldi sementara Allah Ta'ala telah melarangnya maka hal itu dikarenakan dari semula Allah Ta'ala memang akan menjadikan manusia sebagai penghuni bumi. Jadi kejadian itu hanya rencana Tuhan yang tidak dapat dihindarkan oleh Adam AS, seba-gaimana firman Allah :
وَإِذْقَالَ رَبُّكَ لِلْمَلاَئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ في الأَرْضِ خَلِيْفَةً

Artinya : 
“Ingatlah ketika Allah berfirman pada Malaikat : “Bahwasanya Aku akan menjadikan khalifah dibumi”.
Demikian pula sebagaimana tersebut pada Atsar dari Khalid al-Hadzdzaa :
قُلْتُ لِلْحَسَنِ : يَاأَبَاسَعِيْدٍ أَخْبرْنِى عَنْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَلِلسَّمَاءِ خُلِقَ أَمْ لِلأَرْضِ؟ قَالَ : بَلْ لِلأَرْضِ ،قُلْتُ : أَرَأَيْتَ لَوِاعْتَصَمَ فَلَمْ يَأْكُلْ مِنَ الشَّجَرَةِ ؟ قَالَ : لَمْ يَكُنْ لَهُ مِنْهُ بُدٌّ ( رَوَاهُ أَبُوْدَاوُدَ )

Artinya : 
“Aku pernah berkata kepada al-Hasan (al-Bashri), “Hai Abu Sa'id ceritakan kepadaku tentang Nabi Adam AS, apakah dicip-takan untuk dilangit atau dibumi?” Al-Hasan menjawab, “Tidak, bahkan untuk ditempatkan dibumi”. Aku berkata, “Ceritakanlah padaku bagaimana seandainya ia dapat menahan dirinya dan tidak memakan buah pohon terlarang itu?” Al-Hasan menjawab, “Ia tidak dapat mengelakkan hal itu”. (Riwayat Abu Daud).
  
Dalam Tafsir Showi disebutkan :
وَالحْـَقُّ اَنْ يُقَالَ اَنَّ ذلِكَ مِنْ سِرِّ الْقَدَرِ فَهِىَ مَنْهِىٌّ عَنْهُ ظَاهِرًا لاَ بَاطِنًا فَإِنَّهُ بالْبَاطِنِ مَأْمُوْرٌ بالأَوْلى مِنْ قِصَّةِ الْخَضِرِ مَعَ مُوْسَى وَاِخْوَةِ يُوْسُفَ مَعَهُ عَلَى اَنَّهُمْ اَنْبيَاءُ فَإِنَّ الله حِينَ قَالَ لِلْمَلاَئِكَةِ اِنِّى جَاعِلٌ في الأَرْضِ خَلِيْفَةً كَانَ قَبْلَ خَلْقِهِ وَهَذَا الأَمْرُمُبْرَمٌ يَسْتَحِيْلُ تخَـَلُّفُهُ فَلَمَّا خَلَقَهُ وَاَسْكَنَهُ الْجَنَّةَ اَعْلَمَهُ بالنَّهْىِ عَنِ الشَّجَرَةِ صُوْرَةً فَهَذَا النَّهْىُ صُوْرِىَّ وَاَكْلُهُ مِنَ الشَّجَرَةِ جَبَرِىٌّ لِعِلْمِهِ اَنَّ الْمَصْلَحَةَ مُتَرَتِّبَةٌ عَلَى اَكْلِهِ , وَاِنَّمَا  ُسمِّـىََ مَعْصِيَةً نَظَرًا لِلنَّهْىِ الظَّاهِرِىِّ فَمِنْ حَيْثُ الْحَقِيْقَةُ لَمْ يَقَعْ مِنْهُ عِصْيَانٌ وَمِنْ حَيْثُ الشَّرِيْعَةُ وَقَعَتْ مِنْهُ الْمُخَالَفَةُ وَمِنْ ذَلِكَ قَوْلُ ابْنِ الْعَرَبىِّ لَوْكُنْتُ مَكَانَ آدَمَ لاَكَلْتُ الشَّجَرَةَ بتَمَامِهَا لمِـَا تَرَتَّبَ عَلَى اَكْلِهِ مِنَ الْخَيرِ الْعَظِيْمِ وَاِنْ لَمْ يَكُنْ مِنْ ذَلِكَ اِلاَّ وُجُوْدُ سَيِّدِنَا محمد J لَكَفَى

 Artinya :
“Dan yang benar, bahwa dikatakan sesungguhnya yang demikian itu adalah Sirrul Qadar (rahasia takdir), maka dia dilarang darinya pada zhohir tetapi tidak pada batinnya. Hal ini karena Nabi  Adam as. pada batinnya diperintah terlebih utama dari kisah Nabi Khidir serta Nabi Musa dan saudara-saudara Yusuf besertanya bahwa adalah mereka itu adalah Nabi-nabi. Maka sesungguhnya Allah swt. ketika berfirman kepada para malaikat : “Sesungguhnya Aku akan menjadikan di bumi seorang khalifah” adalah sebelum menjadikan Adam. Perkara ini merupakan perkara yang sudah dipastikan yang mustahil salahnya. Maka ketika dijadikan-Nya dan diberi tempat kediaman di syurga, diberitahukannya dengan larangan makan buah pada rupanya (zhohir). Maka larangan ini adalah larangan shury dan memakan buah adalah jabary dengan mengetahui bahwasanya kemaslahatan terletak dalam memakannya. Dikatakan bahwa hal itu maksiyat memandang pada zhohir larangan. Dari sisi hakikat tidaklah hal itu disebut sebagai dosa dan dipandang dari segi syariat terjadi suatu pelanggaran. Sebagian dari makna itulah yang disebutkan Ibnul Aroby, “Jika aku berada ditempat Adam niscaya aku makan buah itu dengan sempurna karena didalam memakannya itu terdapat kebaikan yang sangat banyak dan jika tidak ada kebaikannya dari hal itu kecuali wujudnya Sayyidina Muhammad SAW itupun cukuplah”. 


Bersambung ......